https://lifelonglearninginmusic.org/
https://taasera.com/
https://cipherfunk.org/
https://sjgaa.org/
https://kpubeacukaipriok.net/
https://omaloans.com/
https://kekkofornarelli.com/
https://gdehealth.com/
https://vaultpk.com/
https://ybuedu.org/
https://tfdnews.com/
https://mydaughtersdna.org/
https://bappedabonebolango.com/
https://cravingsugar.net/
https://techuplifes.com/
https://riverrootslive.com/
https://bbchartertech.org/
https://sipedas.depok.go.id/assets/-/
https://genio.bike/wp-admin/-/twslive/
Slot Maxwin
Slot Gacor
TWSLive
https://genio.bike/pengumuman/-/maxwin/
https://tpf.poltek-furnitur.ac.id/test/sorongtoto/
Slot Gacor
https://disnaker.semarangkota.go.id/rating/fungsi/-/
https://genio.bike/jjs/-/maxwin/
Slot Gacor
Slot Gacor
https://disnaker.semarangkota.go.id/home/
https://e-koperasi.jambikota.go.id/js/
Link Slot
Slot Online
Slot Online
Slot Online
Slot Gacor
Link Slot
Link Slot
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Online
Slot Gacor
Togel
Slot Gacor
Slot Online
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
https://grandmitramedika.co.id/rekomendasi/-/gacor/
Live Draw Hk
Slot Demo
Slot Gacor
Mahjong Ways 2
Slot Toto
Slot Toto
Slot Thailand
Slot Demo

Cara Mempertahankan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Build Your Business

Cara Mempertahankan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Cara Mempertahankan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Tidak dapat dipungkiri kepuasan pelanggan merupakan hal terpenting untuk menunjang bisnis kita, karena kepuasan pelanggan berperan penting untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis kita.
Kepuasan pelanggan berpengaruh untuk kelangsungan bisnis kita apakah bisnis yang kita buat bisa berlangsung lama ataupun kandas ditengah jalan.

Apabila konsumen mendapatkan kepuasan dari produk/ jasa yang anda pasarkan maka kemungkinan besar konsumen akan terus datang terus dari masa ke masa, sebaliknya jika konsumen tidak merasa puas dengan produk/jasa yang kita pasarkan maka niat konsumen untuk kembali memakai produk kita menjadi tidak jadi ataupun kapok dan tidak ingin kembali ketempat anda dan malah pergi ke tempat orang lain.

"80% pembeli produk adalah customer lama"

Coach Doddy Eka Putra

1. Berikan perhatian khusus

Hal yang sering dilakukan oleh orang hanyalah tentang penawaran yang diberikan bagaimana penawaran itu dapat menarik para pelanggan, namun tidak memerhatikan kebutuhan pelanggan hal apa saja yang diinginkan pelanggan. Berikan perhatian khusus terhadap konsumen contohnya tanyakan bagaimana keadaan pelanggan ataupun memberikan perhatian khusus sebelum dan sesudah melakukan transaksi.

2. Ciptakan hubungan saling menguntungkan satu sama lain (simbiosis mutualisme)

Anda sebaiknya sebagai produsen tidak hanya mementingan keuntungan anda sendiri karena pelanggan sekarang sudah semakin cerdas dalam memilih produk yang akan mereka beli. Ada baiknya anda menjalin hubungan dengan baik dengan pelanggan anda dengan memberikan keuntungan satu sama lain.

3. Lakukan follow up pasca penjualan

Cacat kembali siapa saja konsumen yang datang ketempat anda dan follow up konsumen tersebut. bukan hanya saja mencari pelanggan yang baru.

4. Tawarkan program menarik untuk menjaga loyalitas konsumen.

Seperti pusat perbelanjaan lainnya yang menawarkan program menarik seperti kartu keanggotaan ataupun lainnya. Anda juga bisa menawarkan program kartu keanggotan(member) kepada pelanggan anda. Berikan penawaran seperti diskon dan bonus tertentu jika konsumen memiliki kartu keanggotaan(member) tersebut.

5. Berikan keuntungan kepada pelanggan setia anda

Bukan hanya melakukan penawaran saja, adakalanya anda melakukan program lainnya yang dapat menguntungkan pelanggan anda maupun anda sendiri. Contohnya membuka peluang reseller terhadap pelanggan setia anda. Dengan cara tersebut pelanggan anda mendapatkan keuntungan dan anda juga dapat mendapat pelanggan baru dari bisnis reseller tersebut.

Bagaimana Memulai Bisnis & Investasi Mulai Dari 'NOL PUTUL' ?