Memahami Pengertian Branding, Unsur, Tujuan, dan Fungsinya Dalam Bisnis
Build Your Business
Memahami Pengertian Branding, Unsur, Tujuan, dan Fungsinya Dalam Bisnis

Memahami Pengertian Branding, Unsur, Tujuan, dan Fungsinya Dalam Bisnis
Apa pengertian branding yang sebenarnya? Sebelum kita membahas topik ini, tentunya kita harus tahu dulu asal kata branding tersebut. Kata branding berasal dari kata brand, dalam bahasa Indonesia berarti merek.
Dalam penggunaannya, kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda. Seperti disebutkan di atas, kata brand berarti merek, sedangkan pengertian Branding adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek.
Lebih lanjut, proses branding tersebut bisa juga diartikan sebagai sebuah upaya komunikasi yang dibuat sedemikian rupa dan terencana oleh sebuah perusahaan, dimana tujuannya adalah untuk membuat sebuah merek lebih terkenal.
"Siapkan Apa yang akan anda lakukan!"
Coach Doddy Eka Putra
Unsur-unsur branding diantaranya adalah:
- Nama merek
- Logo (logo type, monogram, bendera)
- Tampilan visual (desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain)
- Juru bicara (co-founder, mascot, tokoh perusahaan, orang terkenal)
- Suara (lagu tematik, icon bunyi/ nada)
- Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim)
Manfaat Branding Yang Berdampak Pada Bisnis Anda
1. Mudah Dikenali
Memiliki merk/brand akan menguntungkan usaha Anda karena lebih mudah dikenali oleh customer. Selain itu, mereka kebanyakan memilih produk yang ber-merk ketimbang tidak. Karena customer berpikir barang yang tidak diberi merk kualitasnya tidak jelas dan meragukan.
2. Membedakan Produk Satu dengan Lainnya
Ini yang penting. Ada banyak bakso, sepatu dan lainnya. Fungsi branding adalah memberikan ciri khas dan menjadi penanda produk Anda. Dengan ini, produk akan terus diingat oleh customer begitu mereka selesai dengan jual beli. Tak jarang banyak customer yang kembali membeli produk yang memiliki brand. Karena mudah diingat.
3. Mempengaruhi Psikologi Pembeli
Nah, sadar atau tidak, branding ternyata mampu menyihir psikologis pembeli. Sebab memberikan merk akan membuat customer berpikir kalau produk seller bagus dan profesional. Ketimbang memilih produk yang dijual bebas (tanpa merk), mereka sudah pasti memilih yang pasti-pasti saja.