fbpx

Tujuan Buyback Saham

Build Your Business

Tujuan Buyback Saham

Tujuan Buyback Saham

Suatu perusahaan mempunyai beberapa alasan penting dalam melakukan buyback saham. Berikut adalah rangkuman mengapa buyback saham menjadi popular di dunia saham.

"Hal Paling Penting Dalam Belajar adalah Nikmati Prosesnya"

Coach Doddy Eka Putra

1. Menaikkan rasio keuangan

Alasan utama perusahaan melakukan buyback saham alah untuk menaikkan rasio keuangan. Hal ini berkaitan dengan jumlah saham beredar yang semakin berkurang setelah adanya aksi buyback saham. Semakin sedikit saham beredar, rasio earning per share  (EPR) akan semakin meningkat. Asal tahu saja, EPR menjadi salah satu indikator penilaian fundamental apakah perusahaan tersebut sehat atau tidak.

2. Menghindarkan dari jatuhnya harga saham

Aksi buyback saham umum dilakukan perusahaan keika harga saham perusahaan tersebut sedang mengalami tren penurunan. Supaya harga tidak semakin turun, perusahaan melakukan buyback saham. Hal itu dilakukan guna memengaruhi psikologis investor. Pasalnya, jika suatu saham bergerak dalam tren menurun dan tiba-tiba ada pihak yang membeli dalam jumlah besar, secara otomatis harga saham akan terdongkrak naik dan inevstor menjadi tertarik untuk mengoleksi saham tersebut.

3. Menyiapkan cadangan modal

Alasan berikutnya dari pelaksanaan buyback saham adalah untuk menyiapkan cadangan modal perusahaan. Dikatakan sebelumnya bahwa saham hasil buyback akan menjadi saham treasury yang akan disimpan perusahaan dan dapat dijual kembali ketika harga saham mengalami tren kenaikan. Dengan begitu, perusahaan berpotensi mendapatkan capital gain.

Masih Bingung? Langsung Saja Konsultasi Dengan Admin..